Kemenag Beri Penghargaan 7 Tokoh Inspiratif Zakat dan Wakaf

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Kementerian Agama (Kemenag) memberi penghargaan bagi 7 tokoh inspiratif zakat dan wakaf. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Agama Fachrul Razi pada Malam Penganugerahan Zakat dan Wakaf 2019 di Jakarta, Minggu (10/11). 

Tujuh tokoh tersebut adalah ulama terkemuka almarhum Tengku Muhammad Hasby Ash-Shidieqy, almarhum Mantan Menteri Agama Muhammad Tholchah Hasan, dan Guru Besar di bidang perwakafan almarhumah Uswatun Hasanah. Penerimaan penghargaan bagi ketiganya diwakili oleh keluarga. 

Empat tokoh inspiratif lainnya diberikan kepada mantan Ketua Baznas Didin Hafidhuddin, Ekonom Achmad Subandio, Mantan Direktur Pengembangan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Tulus Sastrowijoyo, dan Wakil Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaedi. 

Menag menyampaikan apresiasinya kepada 7 tokoh dan dan beberapa tokoh lainnya yang berkontribusi bagi pengembangan zakat dan wakaf di Tanah Air.  

"Para tokoh tersebut telah banyak berbuat sebaik mungkin tentang zakat dan wakaf ini, saya ucapkan terima kasih. Bapak dan Ibu termasuk pahlawan-pahlawan yang kita masukkan pada hari ini (peringatan Hari Pahlawan), dan masalah zakat dan wakaf ini akan bertambah luas dan kita lanjutkan dan dilanjutkan oleh banyak tokoh-tokoh lain termasuk tokoh-tokoh muda," kata Menag.  

Pada Malam Penganugerahan Zakat dan Wakaf 2019 juga dilakukan Penandatanganan MOU Agent of Change Ekonomi Syariah. Penandatanganan dilakukan Megah Iskandar Perwakilan Agent of Change Ekonomi Syariah, dan oleh Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Tarmizi bersama Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Fuad Nasar. 

Agent of Change Ekonomi Syariah merupakan salah satu program pembinaan Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf terhadap penyuluh agama Islam non PNS di seluruh provinsi di Indonesia, di bidang spesialisasi zakat dan wakaf. Agent of Change Ekonomi Syariah berjumlah 34 orang yang dipilih mellaui proses seleksi berdasarkan penilaian, assessment secara offline dan online.  

Malam Penganugerahan Zakat dan Wakaf 2019 ini merupakan puncak dari Festival Literasi Zakat dan Wakaf 2019. Sejumlah kegiatan dalam festival ini, di antaranya; Kompetisi Kompetisi Blog dan Video Animasi merupakan rangkaian dari . Kegiatan lainnya, Lokalatih Tunas Muda Agent of Change ekonomi syariah, Call For Essay, Millenial Challenge, dan Zakat Wakaf Goes To Campus. (p/ab)